Saturday, April 8, 2017

Apa itu Lukisan Digital ?

Dalam artikel kali ini saya akan sedikit berteori tentang pengertian Lukisan Digital. Ya tentunya dalam presepsi saya sendiri. Maka dari itu jangan beranjak dulu kawan

Dalam KKBI/Kamus Bahasa Indonesia, Lukisan diambil dari kata Lukis yang berarti membuat gambar dengan menggunakan pensil, pulpen, kuas, dan sebagainya, baik yang berwarna maupun tidak sedangkan kata Digital diartikan sebagai hal – hal yang berhubungan dengan angka – angka untuk sistem perhitungan tertentu ; berhubungan dengan penomoran. Namun dalam konteks sekarang Digital sering diartikan dan dikaitkan dengan hal – hal yang berhubungan dengan Gadget seperti Laptop, Smartphone, Tablet, dan lain – lain.

Dari uraian di atas Lukisan Digital dapat kita artikan sebagai membuat gambar dengan menggunakan media-media digital seperti Laptop, Smartphone, Tablet dan lain-lain.
Karena yang digunakan adalah Gadget, tentu alat yang dipakai untuk melukis juga adalah alat yang ada dalam perangkat gadget atau kita sering menyebutnya software. Ada banyak software yang sering dipakai dalam dunia Lukisan Digital dan salah satunya adalah Adobe Photoshop dan  untuk mempertegas kualitas hasil Lukisan Digital biasanya ditambahkan dengan Plug-in. Ada yang memakai Topaz Adjust dan Topaz Clean, ada yang pakai Colour Efek Pro dan masih banyak lagi.

Dua hal yang perlu diperhatikan dalam menggeluti dunia Lukisan Digital yakni Teori dan Kreatifitas.
Pertama, Teori. Merupakan pengetahuan basic sebelum memulai Lukisan Digital sebab ini merupakan tahap pengenalan mengenai tools – tools apa saja yang digunkan serta teknik dalam mengolah foto agar hasil bisa menyerupai Lukisan Digital dan mungkin dapat dikatakan teknik ini adalah sesuatu yang sangat objektif siapapun dan dimanapun orangnya, langkah – langkah dalam membuat Lukisan Digital hampir sama.
Kedua, Kreatifitas. Ini merupakan hal yang sangat subjektif sebab Lukisan Digital termasuk dalam wilayah karya seni yang memiliki unsur estetik tersendiri. Ini disebabkan karena minat estetik setiap orang berbeda – beda atau bahasa kerennya relatif. Maka dari itu memperbanyak referensi sangatlah perlu agar daya imajinasi kita dalam membuat Lukisan Digital semakin beratambah dan berkualitas.

Untuk menambah referensi sobat bisa membaca tentang aliran-aliran dalam dunia Lukisan seperti Naturalisme, Realisme, Romantisme, Surrealis, Kubisme, Dadaisme dan masih banyak lagi aliran lainnya.
Keuntungan dari Lukisan Digital adalah durasi pengerjaannya yang terkesan lebih cepat. Sebagai contoh Lukisan Manual biasanya membutuhkan durasi dari 4 hari – 1 minggu untuk membuat Lukisan yang berukuran A4 sedangkan Lukisan Digital membutuhkan waktu 1 – 2 hari dan apabila berbicara tentang mana yang lebih berkualitas dan estetik apakah Lukisan Manual dan Lukisan Digital tentu kita tidak akan mendapat jawaban yang memuaskan sebab masing – masing memiliki keunggulan dan kelemahan tersendiri dan yang paling penting karya Seni adalaha Seni itu sendiri yang membedakan adalah apresiasi atau penilaiannya. Baik, buruknya karya seni, Indah tidaknya karya seni, Ia tetap merupakan Seni

No comments:

Post a Comment